Monday, November 21, 2016

Fase Setelah Lulus dan Orang dalam


Hasil gambar
sumber https://www.talentsquare.com/blog/9-qualities-great-job-seekers/
Satu hal yang sangat menyenagkan dalam dunia perkuliahan adalah momen kelulusan. Tetapi setelah momen menyenagkan itu para freshgraduated akan memasuki dunia yang "sesungguhnya" yaitu dunia kerja,,, yup dunia kerja memang menjadi tantangan tersendiri bagi para freshgraduated alias lulusan baru. Ada yang memulai usaha, melanjutkan bisnis keluarga dan yang paling banyak adalah menjadi job seeker atau pencari kerja. Menjadi job seeker adalah yang tersulit, dimana kadang-kadang IPK akan kalah sama yang namanya keberuntungan ataupun "orang dalam" hahaha (walaupun tidak sepenuhnya begitu), yang saya maksud orang dalam adalah orang yang bisa memuluskan langkah para job seeker dalam mendapatkan kerja sesuai dengan cita-citanya,, itu menurut saya lho ya hehehe karena praktek tersebut adalah hal lumrah dalam dunia kerja. Nah bagaimana dengan yang tidak memiliki cukup koneksi atau orang dalam?? jangan berkecil hati teman-teman karena ada yang lebih kuat dari orang dalam, yaitu kuasa Tuhan YME dan keberuntungan. Jadi bagi temen-temen yang merupakan job seeker dan spesialis tes kerja tetap semangat karena rejeki seseorang tidak akan tertukar hehehe.  


sumber http://www.dropoutwear.com/kaosmahasiswa/shop/tshirt/ipk-bukan-penentu-nasib/


Hal di atas banyak saya dapatkan dari pengalaman saya sebagai job seeker fresgraduated, karena kebanyakan perusahaan lebih senang merekrut pegawai yang berpengalaman. jadi sebagai fresgraduated akan sulit "menjual CV" karena belum memiliki pengalaman kerja. Jika punya orang dalam sih enak walaupun tanpa pengalaman kerja hahaha. Sekian dulu pembahasan dari saya, jika lain waktu ada materi ataupun kelanjutan dari artikel ini maka akan saya tambahkan part 2 di judulnya. terima kasih kawan :D


***Tapi tidak semua perusahaan seperti yang saya sebutkan di atas***

No comments:

Post a Comment